Kemuliaan Perempuan

Sasli Rahmat Wifes

Sasli Rahmat Wifes

 

 

Perempuan,  topik yang selalu menarik untuk dibicarakan, sekaligus menyedihkan. Menarik, karena perbincangan ini berkenaan langsung dengan diri kita sebagai manusia yang secara biologis tercipta sebagai laki-laki dan perempuan. Menyedihkan, karena secara empiris-sosiologis tidak bisa dinafikan masih ada ketidakadilan sosial yang terjadi terhadap perempuan. Dan ketidakadilan ini barang kali merupakan ketidakadilan tertua dalam sejarah manusia.

Belum lama kita memperingati hari kartini. Sosok perempuan lembut dan cerdas yang memperjuangkan hak-hak kaum perempuan. Sungguh perjuangan yang tidak mudah dan harus diapresiasi meski dalam perkembangannya, dengan mengatasnamakan Hak Asasi Manusia (HAM), ide persamaan hak sering dipahami secara serampangan oleh sekelompok orang sehingga sulit membedakan mana pembela perempuan sejati yang menjunjung tinggi perempuan sesuai kodratnya dan mana feminisme.

Namun demikian, yang harus lebih kita sadari adalah bahwa jauh sebelum Kartini lahir sudah ada seorang manusia sempurna yang begitu gigih dan memiliki peranan yang sangat penting dalam perjuangan untuk mengangkat derajat kaum perempuan. Meski ia bukan seorang perempuan, namun perjuangannya membuktikan betapa Islam menghargai dan memuliakan seorang perempuan. Ya, dialah Muhammad saw. Penyebutan ibu tiga kali dan ayah satu kali bukannya tanpa arti, namun tersirat makna bahwa yang lebih diutamakan untuk dihargai adalah ibu, bukan berarti pula tidak menghormati ayah.

Rumi dalam Mastnawinya menegaskan bahwa sosok perempuan, karena kemuliaan dan qodratinya, mampu membiaskan “bayang-bayang” Tuhan di semesta ini, yang oleh Ibnu Arabi disebut sebagai alam mikrokosmos (al-alam al-shaghir). Dalam diri perempuan tercermin bagian-bagian dari jagad raya atau makrokosmos ini. Oleh karena itu untuk meningkatkan derajat kewalian para sufi ahli ma’rifat, salah satu caranya adalah dengan mencintai dan menyayangi perempuan (Murata, 2000: 249).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s